Fungsi Berbagai Tanaman Herbal untuk Perut Kembung

Perut kembung adalah kondisi yang tidak nyaman pada perut, dimana perut terasa penuh gas dan nyeri. Perut kembung sering disertai dengan rasa mual dan nyeri punggung. Penyakit ini biasanya terjadi karena masuk angin, sembelit atau penumpukan gas. Namun tak perlu khawatir, terdapat beberapa tanaman herbal yang bisa membantu mengatasi perut kembung. Berikut macam-macam fungsi tanaman herbal untuk perut kembung:

-Temulawak membantu merangsang produksi empedu

Temulawak membantu melancarkan proses pencernaan di lambung dan mengurangi gas di dalam perut seperti ketika perut kembung. Ini dapat terjadi karena temulawak mengandung zat yang dapat merangsang produksi empedu yang membantu sistem pencernaan.

-Rebusan kayu manis untuk menghangatkan perut kembung

Kayu manis mengandung zat anti-inflammatory yang dapat menenangkan perut kembung. Kayu manis juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga membuat perut terasa lebih baik. Konsumsi air rebusan kayu manis ketika perut kembung maka perut akan terasa hangat.

-Peppermint mengatasi kembung dengan anti spasmodik

Peppermint memiliki anti spasmodik yang dapat membantu mengatasi perut kembung. Peppermint dapat dikonsumsi dengan dibuat sebgai minuman herbal, dan bisa juga daunnya dikunyah langsung. Mengunyah daun peppermint dapat membuat perut lebih nyaman.

-Hangatkan perut kembung dengan jahe

Jahe mengandung gingerol dan shogaols yang merupakan obat anti kembung paling ampuh. Rasa hangat yang dihasil jahe dapat membuat perut terasa nyaman dan perlahan-lahan menghilangkan rasa kembung. Air jahe dapat dikonsumsi bersama dengan madu untuk menambah rasa.

-Daun pepaya yang pahit tapi menolong perut kembung

Siapa sangka daun pepaya yang rasanya sangat pahit justru bermanfaat untuk mengatasi perut kembung. Meminum air rebusan daun pepaya memang tidak mudah karena rasanya pahit, tetapi manfaatnya sangat baik untuk pencernaan.

-Kunyit melancarkan sirkulasi pencernaan

Kunyit dapat melancarkan sirkulasi dan detoksifikasi yang menormalkan kembali fungsi pencernaan. Kunyit juga dapat merangsang kandung empedu untuk melanjarkan sistem pencernaan. Ketika perut sedang kembung, kunyit dapat meredakannya dan membuat perut kembali normal. Kunyit biasanya dikonsumsi dalam bentuk minuman.

Berbagai macam tanaman dan fungsinya tersebut dapat membantu meredakan perut kembung asal dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Bahkan jika rutin dikonsumsi tanaman tersebut dapat menjaga agar perut kembung tidak menyerang kembali.

Beberapa Manfaat dari De Nature Obat Herbal

 

Leave a Reply