Cara menghitung biaya notaris saat membeli perumahan Palembang

Ada banyak biaya yang perlu dikeluarkan saat melakukan pembelian rumah. Tidak hanya harga tanah saja, selain membayar harga tanah, ada biaya lain yang juga akan kita keluarkan sampai dengan surat kepemilikan tanah ada di tangan kita. Sebagian biaya kita perlukan saat kita berurusan dengan notaris. Dalam pembelian tanah, kita tidak akan lepas dari notaris. Hal ini karena dalam pembelian tanah yang melibatkan uang dalam jumlah yang banyak, perlu berbagai berkas pendukung yang sah. Adapun pengurusan berkas mulai dari surat perjanjian jual beli sampai dengan pembuatan akta tanah yang baru. Bagi Anda yang berada di Palembang, Anda tentunya harus mengetahui Cara menghitung biaya notaris saat membeli perumahan Palembang.

 

Rincian Biaya Notaris

Seperti yang sudah kita ketahui, dalam membeli rumah, ada beberapa biaya tambahan yang mungkin diperlukan. Walaupun demikian, tidak semuanya dibebankan oleh notaris. Ada beberapa biaya yang dapat dibayarkan tanpa melalui notaris. Lalu biaya apa saja yang masuk dalam biaya notaris dan berapa biaya yang dibutuhkan? Nah, berikut rincian biaya notaris yang dibutuhkan.

  • Biaya untuk cek sertifikat: Rp 100.000,-
  • Biaya surat kuasa: Rp 1.000.000,-
  • Biaya akta jual beli: Rp 2.400.000,-
  • Biaya pengecekan atau validasi pajak: Rp 200.000,-
  • Jika melakukan kredit, biaya surat kuasa hak membebankan tanggungan: Rp 250.000,-
  • Biaya BBN: Rp 750.000,-
  • Jika melakukan kredit, biaya akta pemberian hak tanggungan: Rp 1.200.000,-

Jika dijumlahkan secara keseluruhan, biaya yang perlu dikeluarkan untuk jasa layanan notaris berkisar Rp 5.000.000,-. Harga tentunya akan berbeda tergantung dari naik turunnya anggaran dan biaya yang dibutuhkan.

 

Memang ada banyak biaya tambahan yang diperlukan selain membayar sesuai harga pembelian tanah dan atau rumah.Hal ini karena ada banyak dokumen yang harus dilengkapi, termasuk di dalamnya urusan perpajakan, pindah tangan kemelikan, dan sebagainya. Cara menghitung biaya notaris saat membeli perumahan adalah dengan menghitung biaya tambahan yang diperlukan seperti yang dituliskan di atas.

Pengeluaran wajib dalam proses jual beli perumahan Palembang

This entry was posted in Tips.

Leave a Reply